Wednesday, August 12, 2009

Kadang kala kita dalam bekerja mengalami kesilitan dalam menyelesaikan perkerjaan kita, hal ini paling banyak disebabkan karena kurangnya konsentrasi saat kita berkerja. Hal ini sugguh sangat mengganggu, khususnya bagi kita-kita yang memilki perkerjaan yang membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Berikut ini ada beberapa tip yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi pada saat kita bekerja :

1. Kondisikan meja kerja Anda hanya untuk bekerja. Jika Anda ingin istirahat atau makan, jangan lakukan di tempat tersebut.

2. Pindahkan segala hal yang bisa merusak konsentrasi kerja. "Nada getar"-kan telepon seluler Anda, juga hindari memutar lagu-lagu yang bisa merusak konsentrasi.

3. Taruh barang-barang yang sering Anda gunakan di tempat yang mudah terjangkau. Jangan sampai Anda harus berdiri hanya untuk mengambil kertas atau pulpen.

4. Pasang target kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.Buat tenggat berdasarkan jam (1 atau 2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan).

5. Beri apresiasi untuk diri Anda sendiri jika mampu menyelesaikan tenggat tersebut.

6. Buat meja kerja Anda senyaman mungkin agar lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja.

7. Rencanakan kegiatan lain yang harus dilakukan agar Anda bisa bekerja lebih cepat lagi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

8. Bekerjalah jika memang sudah waktunya Anda bekerja.

9. Bekerjalah di dekat orang yang memiliki konsentrasi kerja yang baik atau yang Anda kagumi cara kerjanya. Hindari bekerja di dekat rekan kerja yang bisa mengganggu konsentrasi Anda.

10. Beristirahatlah jika Anda merasa puas dengan hasil kerja Anda. Dengan mengistirahatkan otak sejenak, Anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi saat kembali bekerja.

11. Ciptakan ketertarikan pada pekerjaan tersebut, hingga Anda otomatis akan berkonsentrasi penuh untuk mengerjakannya.

12. Tulis ide atau langkahlangkah yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan menulisnya, Anda akan lebih fokus dan tidak kehilangan konsentrasi,meski saat itu konsentrasi Anda mungkin sudah menurun.

13. Hindari pikiran bahwa Anda akan mendapatkan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tetaplah patuh pada jadwal yang sudah Anda buat, apa pun yang terjadi

Artikel Menarik Lainnya



1 comments:

yuri said...

terima kasih tips-nya
memang benar yg anda tuliskan
=)

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved