Tuesday, December 08, 2009

Makanan dan rokok diyakini menjadi salah satu penyebab tumbuhnya kanker. Berdasarkan penelitian dari Institut Kanker Nasional USA, 30 persen kasus kanker disebabkan oleh rokok dan 30-50 persen disebabkan makanan. Cegah sebelum terlambat.
1. Makan buah dan sayur lebih banyak
Karotenoid atau pigmen dalam sayuran dan buah berwarna hijau membantu tubuh membentuk imun mencegah sel kanker berkembang. Betakaroten yang ditemukan pada sayuran hijau tua dan jingga membantu mencegah kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker pangkal tenggorok, dan kanker payudara. Sedangkan Vitamin C sebagai antioksida yang baik untuk kanker perut.
2. Makan makanan berserat
Fiber atau serat pada makanan dapat membantu mencegah kanker payudara. Kandungan serat dapat mengikat hormon estrogen dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar estrogen yang berisiko kanker payudara. Serat dapat ditemui di banyak sayur dan buah serta polong dan kacang, juga beras dan gandum yang diproses minimal (whole grain).
3. Kurangi makanan berlemak
Tradisi makanan Indonesia kebanyakan mengandung lemak atau santan. Padahal, sebaiknya dibatasi 10-15 persen saja.
4. No alkohol dan rokok
Gemar minum minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker mulut, kanker faring (saluran antara rongga hidung, mulut, dan tenggorokan), dan kanker tenggorokan. Rokok meningkatkan risiko kanker paru-paru, mulut, dan lainnya.
5. Hindari makanan bersuhu tinggi
Makanan yang diolah bersuhu tinggi dan lama, dapat memunculkan zat bersifat karsinogenik berisiko kanker. Biasanya ditemukan pada makanan kaleng, daging asap, daging bakar, atau lainnya. Mengukus dan merebus bisa jadi pilihan.
6. Kurangi cemilan
Kue, permen, atau makanan penutup yang legit biasanya terbuat dari lemak tak jenuh. Keripik kentang dapat merangsang terbentuknya akrilamida, senyawa pemicu kanker.
7. Konsumsi kedelai
Kedelai mampu menurunkan risiko terjadinya kanker payudara dan prostat. Kandungan fitoestrogen, genistein, dan daidzein, merupakan paduan hebat yang mencegah terjadinya perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh.
8. Pemanis buatan
Jangan mudah terjebak dengan rayuan iklan yang menyebut tanpa pemanis buatan. Belum tentu pemanis yang digunakan adalah pemanis alami yang baik untuk tubuh. Ini justru menjadi pemicu kanker.
9. Cermati hidup sehat
Tak cuma makanan yang harus diatur, pola hidup sehat dengan olahraga menjadi paketnya. Sisihkan waktu setiap hari untuk berolahraga meski hanya bergerak sedikit.

Artikel Menarik Lainnya



0 comments:

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved