Saturday, November 24, 2007

Kemarin dulu setelah saya searching tentang tehnik-tehnik black hat SEO (Search Engine Optimization) Saya menemukan beberapa fakta yang menarik dari mitos-motis yang ada di dunia SEO ini. Berikut beberapa fakta yang saya dapatkan.

1. Mitos : Setiap situs yang baru dibuat harus disubmit dulu ke search engine, supaya situs tersebut bisa terindex.

Faktanya : Anda tidak perlu meng-submit setiap situs baru anda, ke Search Engine(SE). Yang harus anda lakukan adalah memastikan link, situs baru tersebut berada pada situs yang sudah terindex oleh SE sebelumnya. Dengan sendirinya jika SE menemukan link tersebut maka SE akan mengunjungi situs tersebut dan mengindexnya.

2. Mitos : Memasang Meta-tags pada setiap halaman situs akan membantu ranking saya di SE.

Faktanya : Sekarang ini SE terutama seperti google, sudah cukup pandai.Karena meta-tag tidak dilihat oleh mengunjung situs. SE mengindex situs bedasarkan kontent, ini tujuannya agar pengguna SE memiliki peluang lebih besar dalam menemukan informasi yang dicarinya. Jadi buat apa membuatsesutau yang ngak keliahatan (kayak mahluk halus aja. hi.... hi...... hi...)

3. Mitos : Sebaiknya Fokus untuk mendapatkan rangkin yang bagus, dibanding kontent yang bagus.

Faktanya : Ranking di SE bukan segalanya, Memang sebagian besar situs dengan ranking yang bagus mempunyai visitor yang lumayan banyak. Tapi faktanya, bahwa kebanyakan visitor yang berasal dari search engine, cuma datang mampir untuk beberapa saat, kemudian langsung pergi lagi, mungkin karena informasinya tidak sama dengan yang mereka inginkan. Hal ini beda dengan visitor yang yang datang langsung tanpa perantara, mereka kebanyakan memiliki waktu kujungan yang lebih lama. Hal ini dikarenakan, mereka sudah yakin akan mendapatkan informasi yang mereka cari pada situs tersebut, sehingga mereka menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari informasinya.

4. Mitos : Bertukaran link dengan situs lain adalah baik.

Faktanya : Hati-hati dalam melakukan pertukaran link (link exchange). Seperti pada dunia nyata, hatilah dalam memilih teman. Bertukarlah link dengan situs yang sesuai dengan tema dari situs anda. Karena salah pilih kawan bisa malah merugikan.

5. Mitos : SE tidak dapat mengindex situs yang menggunakn "frame"

Faktanya : SE tetap dapat mengindex sius dengan mengunakan frame. SE sekarang ini tambah cangih, mereka lebih baik dari hari kehari.

6. Mitos : Lebih bagus fokus pada 1 keyword dibanding 2-3 keyword

Faktanya : Ingat! biasanya jika kamu mencari informasi, maka kamu akan langsung mengetikan keyword yang cukup panjang atau lebih dari satu keyword, untuk mengurangi hasil pencarian yang tidak relevant. Nah jika demikan mengapa masih fokus dengan satu keyword. Be specific and be relevant.

7. Mitos : Jika situsmu rankingnya naik atau turun maka, itu akan berlansung selamanya.

Faktanya : Ranking dari tiap situs, akan naik atau turun berdasarkan alogaritme dari masing-masing SE. Perubahan ranking ini terjadi dari masa ke masa. So, jangan fokus terhadap ranking, fokus aja pada kontent.

8. Mitos : Semua Pengunjung akan datang kesebuah situs melalaui halaman depan.

Faktanya : Jika pengunjung yang datang SE, maka lazimnya tidak melalui halaman depan, Soalnya Yang di index SE bukan cuma halam depan, tapi seluruh halaman situsmu. Jadi perhatikanlah tiap-tiap halaman dari situsmu.

9. Mitos : SEO, dilakukan dengan mengunakan trik-trik tertentu

Faktanya : Sekarang ini SE, sudah semakin cangih, dan dapat, menemukan segala kecurangan yang dilakukan oleh Webmaster. Dan jika menemukan kecurangan hati-hati situsmu bisa di penalized atau yang lebih parah di-banned dari SE. Buatlah situs yang alami aja nga usah neko-neko. ck.. ck... ck ...

Jadi apa moral dari fakta-fakta hasil temuan saya tadi.

Buatlah situs yang berkwalitas, fokus saja dengan kontent mu, biar SE yang melakukan sisanya. (Focus on developing quality sites, lets the SE do the rest for you)

Itu aja yang bisa saya sampaikan dan share mengenai hasil temuan saya, moga-moga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya



1 comments:

akhirkelana said...

memang banyak pendapat tentang itu.

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved