Friday, May 30, 2008

Berhubung kemarin dulu ada beberapa pasien dengan diabetes datang ke tempat praktek saya, maka kali ini saya akan sedikit membahas mengenai diabetes.

ini definisinya dari wikipedia:

Diabetes mellitus (DM) (dari kata Yunani διαβαίνειν, diabaínein, "tembus" atau "pancuran air", dan kata Latin mellitus, "rasa manis") yang umum dikenal sebagai kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) yang terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan.


Diabetes sendari ada dua macam (tipe I dan II). Diabetes tipe I, yakni diabetes yang dibawah sejak lahir, sedang yang tipe II diabetes yang di dapat . Pada artikel kali ini saya akan membahasa gejala-gejala dini dari diabetes, agar kita dapat dengan mudah mengenal diabetes pada tahap dini.

Gejala diabetes yang paling terkenal adalah 3p (polifagi, poliuri, dan polidipsi) yang artinya:
1. polifagi, rasa lapar dan selalu ingin makan.
2. poliuri, jumlah urin yang agak berlebih atau banyak.
3. polidipsi, perasaan selalu ingin buang airkecil, sedikit-dikit ketoilet.

Nah jika anda mengalami 3 gejala tersebut secara bersamaan, maka ada baiknya untuk anda memeriksakan kadar gula darah anda. Jangan sampai peninggian kadar gula yang berlangsung kronis, karena dapat merusak jatung, pembuluh darah, dan saraf di tubuh anda.

Artikel Menarik Lainnya



0 comments:

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved