Thursday, December 11, 2008

Ada banyak sekali panduan tentang gimana cara menulis post atau artikel dengan benar, kita sudah sering membaca tentang tehnik atau cara yang benar untuk menulis artikel. Namun kali ini saya akan memberikan tips-tips tentang gimana cara menulis yang bennar, tapi kali dalam versi saya. (ck...ck....ck...)

  1. Utamakan pembaca. seperti istilah pembeli adalah raja, maka padunia perblogeran, pembacalah menjadi rajanya.Tujuan dari kita menulis adalah menjelaskan, membujuk, dan komunikatif. Kita menulis bukan untuk pamer, bukan untuk show-off. Tulislah sesuati yang bermanfaat bagi pembaca.
  2. Susunlah Idemu. Kita tidak perlu secara mendetil untuk menjelaskan ide kita, cukup secara garis besar. Kalo memang bisa buatlah dalam bentuk point-point, supaya lebih menarik.
  3. Gunakan Paragraf yang pendek. Coba kamu perhatikan koran, dengan bentuk kolom yang kecil, sehingga paragraf-paragrafnya juga pendek. Tehnik penyusunan sepert inibisa mempermudah pembaca untuk lebih mengerti tentang artikel tersebut.
  4. Gunaka kalimat yang pendek. Pengunaan kalimat yang pendek memilki tujuan yang sama seperti paragraf yang pendek, yakni membuatnya agar lebih jelas dan mudah. Tiap kalimat harus memiliki arti yang sederhana jangan sampai membingunkan pembaca.
  5. Guanakan kata yang sederhana. Karena tujuan menulis adalah untuk komunikatif maka baiknya menggunakan kata, yang serderhana yang mudah dimengerti oleh semua kalanngan. Karena kita tidak tahu siapa yang bakalan membaca artikel kita.
  6. Lebih Spesifik. Jangan menulis "kabanyakan dokter merekomendarikan produk X" tapi tulis "97% dokter merekomendasikan produk X" contoh lain seperti, "Handphone X hadir dengan berbagai pilihan warna" bandinkan dengan ini, "Handphone X hadir dengan pilihan warna merah, biru, hijau..."
  7. Menulislah seperti percakapan. Supaya atikelnya benar-benar besifat komunikatif, maka gunakanlah kalimat-kalimat percakapan, sepert "tahukah kamu gimana cara berpromosi yang benar?".
  8. Harus Jelas. Hal ini merukan hal terpenting diantara semuanya, Jika kamu gagal yang ini maka bisa dipastikan kamu akan gagal secara keseluruhan. Pembaca akan sulit untuk mengerti isi artikel anda, dan yang paling parah artikel anda tidak akan dibaca hingga selesai karena membingungkan. Hapuslah semua kata, kalimat, paragraf atau ide yang tidak penting, yang bisa membuat pembaca kamu bingung

Jika hal itu semua telah kamu lakukan dan masih gagal, maka ada kemungkinan kamu ngatahu mau nulis apa. (ck....ck...ck...) Mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya



4 comments:

Anonymous said...

Wah ternyata nulis itu banyak panduannya. Memang harus belajar terus nih...Btw salam kenal.

Antin-Kurniawan

Anonymous said...

Nice tips dok. Thanks uda sharing. Mungkin saya mau nambahin dikit:

Setelah selesai menulis, mungkin perlu dibaca ulang secara keseluruhan apakah kalimatnya uda enak atau belum. Sekaligus untuk editing, andai saja masih ada yang salah ketik. hehehe...

Salam kenal.

Irfan Syahdana said...

kadang2 juga bingung mau nulis apa...

Linda said...

baru tau niy.....makasih yaa jd ngerti skrg...

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved