Monday, September 10, 2007

Akhirnya berhasil juga saya nge-flash HTC X01HT saya (PDA model ini sama dengan HTC TYTN, HTC Hermes, dopod 838pro, Cingular 823, O2 trion). Sebenarnya kalo bukan masalah sinyal, saya tidak akan meng upgradenya. Soalnya, Semenjak saya membeli Nokia N95 sinyal 3G yang di tangkap oleh N95 lebih bagus dibanding dengan PDA saya. Kemudian saya pernah baca di salah satu forum, kalo sinyalnya bermasalah, solusinya coba ganti ROM radionya. Ternyata pas ngecek ROM version radio PDA saya, ternyata masih ver 1.18. Sebagai perbandingan ROM radio Hermes sekarang sudah sampai versi 1.51

Alhasil dengan keberaian, saya berhasil melakukan upgrade radio Hermes saya. Soalnya jika ada kesalahan sedikit saja pada proses nge-flash ini. bisa-bisa PDA mu tidak berfungsi. Biasanya disebut brick alias batu bata. Berikut saya akan meberikan step by stepnya, cara nge-flash si Hermes.

Pertama-tama untuk mengupgrade ROM alias meng-flash, disarangkan agar Hermes mu sudah punya Hard SPLv7 alias SPL v2.10.olipro, Caranya untuk melihat SPL, masuk ke boot screennya Hermes. Dengan cara tekan tombol POWER (pada bagian kanan Hermes) dan OK (pada bagian kiri hermes) secara bersamaan kedian dengan batuan stylus, tekan tombol reset (pada bagian bawah hermes). Nah setelah itu akan muncul layar seperti ini :

Jika SPL hermes mu sudah 2.10.olipro, maka sudah bagus, tinggal upgrade radio atau ROM lainya. Tapi jika belum saya menyarankan mending upgrade ke HardSPLv7 (SPL2.10.olipro) pasalnya dengan SPL versi ini niscaya / mudah-mudahan pada saat nge-flash, Hermes mu ngak jadi batu bata (itu sih kata pembuatnya olipro di xda-developers.com).

Berikut adalah Langkah-langkah untuk ngeflash si Hermes. Sebagai contoh, disini saya ngeflash dengan HardSPL. v7. Oya saya menggunakan Windows XP karena, Windows ini yang terinstall pada laptop saya. Sangat di sarankan kalo mau ngeflash, menggunakan laptop, soalnya jika pada saat proses flashing, dan ternyata lampu padam, dijamin 100% pasti PDAnya matot alias mati total. Ato boleh juga menggunakan PC bisaya asal ada UPSnya. Berukutnya yang juga haris diperharikan Koneksi dengan kabel USB (jangan menggunakan bluetooth ato wifi) harus benar2 dijaga, jangan sampai tercabut..

Berikutnya, pastikan pada Windows XP mu sudah terinstall Winrar dan .net freamwork 2.0

1. Pertama download load file Hard SPL v7 . kemudian extrak, pada directory tertentu, Disana kamu akan menemukan 2 buah files satu file RUUWarpper.exe (file ini yang berfungsi untuk melakukan flash) dan file RUU_signed.nbh (ini adalah file ROMnya yang nantinya akan di flash ke Hermes)

2. Sambungkan Hermes mu ke Laptop/PC mu dengan batuan kabel USB.Kemudian jalankan Microsoft Active Sync. (Saya menggunakan Microsoft Active Sync V4.5). Biarkan terkoneksi dan tersinkronisasi, Tunggu hingga muncul sycronized.

3. Berikutnya langkah ini boleh tidak dilakukan. Nyalakan MP3 player, puter musik kesukaan mu. Buat ngisi waktu nungguin proses flashing.

4. Setelah Syncronized, jalankan RUUWarpper.exe (dengan cara duble click filenya), maka akan muncul tampilan seperti ini.

kemudian pilih Force Using SSPL

Kemudian ikuti saja semua option yang diberi warna merah.

5. Setelah itu tunggu hingga proses flashing mencapai 100%, maka Hermes akan secara otomatis di reset, dan Hermes mu sekarang sudah dengan SPL ver 2.10.olipro, saya untuk membuktikan silahkan masuk ke boot screen, seperti pada gamabar pertama diatas.

Kalo mau upgrade radio, prosesnya sama saja, mau upgrade ROM windows mobile 6.0 juga sama, tinggal flash. Kalo mau lihat ROM-ROM apa saja yang ada buat Hermes, silahkan kunjungi (http://forum.xda-developers.com). Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya



4 comments:

Anonymous said...

kalo setting wifi HTC buat dipake di free hotspot gimana caranya?

Smile Community said...

nanti deh, kalo saya sudah punya waktu luang pasti saya buat. rajing2 aja mampir ke blog ku.

Anonymous said...

Good post..
Buat lagi dong posting cara nge-flash ROM Hermes via micro SD, kan lebih safe tuh..
Buat setting wifi seh, masuk aja settings,connection,trus masuk wi-fi atau w-lan..nah di tabs nya cari aja yg "This network connects to :" Coba aja ganti ke "The Internet" kalo semisal di settingnya masih "My Work".
Jangan lupa nyalain Wifi di Comm. Manager, trus cari aja sinyal wifi yg free (yg ada internet gateway tentunya),connect,and ready to go!

Yonathan Ulung said...

Perkenalkan nama saya Ulung
saya ada problem dengan dopod 838pro...kasusnya kemarin ini saya coba mengintall BBconnect, setelah terinstal, ternyata RAM saya termakan hingga memory kritis, lalu BBconnectnya saya remove lewat add/remove program...
device minta reboot, lalu saya OK, dan dari sana tiba2 tidak bisa masuk lagi...hanya muncul sampai logo windows mobilenya saja...
ada saran tidak penanganannya gmn???saya sudah coba ikuti saran mas dengan menggunakan salah satu program yang disarankan diatas, tapi tidak bisa..ada perintah error utk koneksi yang tidak terhubung..padahal jelas2 sudah terhubung dengan PC...apa yang harus saya lakukan??perintah errornya demikian:the update utility cannot connect to your PDA phone. Please check that your USB cradle/cable is connected properly between the PC and your PDA Phone.
Sempet juga masuk sampai muncul progress, tapi hanya 1%, lalu restart dan di PC muncul error demikian: the image file is corrupted. please check your update utility...tu maksud na bagaimana y mas??
terima kasih

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved