Sunday, January 06, 2008

Akhirnya bisa posting lagi di blog tercinta ini, Sebelumnya saya mau ucapkan selamat tahun baru, tahun 2008. Semoga ditahun ini kita bisa mendapatkan rejeki yang lebih baih dari tahun sebelumnya, tahun baru, harus semangat baru. Ok langsung saja, Kali ini saya akan bahas tetang wordpres plugin. Yakni plugin-plugin wajib yang harus kamu pasang di blogmu dengan mesin bawaan wordpress.

Kalo menurut saya sih, seharusnya fungsi-fungsi dari plugin ini sudah langsung ada dalam paket wordpress, bukan accessories lagi. soalnya, fungsi dari plugin-plugin ini adalah dasar banget... Kita mulai aja langsung :

1. Askimet, Syukur-syukur plugin ini adalah plugin standart, bawaan pabrikan wordpress. Fungsi dari plugin ini adalah, sebagai penangkal "comment spam". Dengan plugin ini bisa block sekitar 90% "spam comment". so its very-very usefull. Jadi saya taruh plugin ini pada peringkat pertama.

2. Google-Site-Map-Generator (GSMG), Setiap blog yang bermesin wordpress, harus ato kudu pake plugin ini. Tujuan dari plugin ini untuk membuatkan semacan katalog. Jadi ingat kalo kita keperpustakaan kan pasti ada tuh katalog, untuk membatu kita supaya lebih mudah mencari buku/artikel yang kita inginkan. Nah, begitu juga dengan GSMG membantu laba-laba dari search engine (ato istilah 'ndeso-nya' Search Engine Spider) untuk bisa melihat dengan cepat, bahwa di blog kita itu ada artikel-artikel apa aja.

3. Counterzii, Plugin ini sangat cocok bagi yang senang dengan statistik (statistic-freak), plugin ini bisa menunjukan data-data yang penting tentang visitor kita. Dengan plugin ini kita bisa tahu, visitor kita datang dari mana saja (website apa, negara apa, browser apa, dll) sehingga kita bisa menilai usaha promosi yang kita jalankan apa berhasil atau ngak. Kalo ngak berhasil, berarti tehnik promosinya perlu di ubah.

4. Sociable+StumbleUpon-it, plugin berfungsi agar user yang sudah membaca artikel kita, busa membookmarknya. Dengan demikian kita bisa dapat backlink dari situs socialbookmark. Nah situs Social-bookmarking pada umumnya punya PR yang tinggi, sehingga lumayankan kalo bisa dapat backlink dari situs dengan PR tinggi, bisa naik in PR kita dan juga bisa naikin visitor kita.

5. WP23RP, plugin ini berfungsi untuk menampilkan judul artikel-artikal yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung kita. Hal ini bisa membantu interlinking antar artikel-artikel dalam blog kita. Sehingga impression blog kita naek.

6. FeedBurner, plugin ini berfungsi agar, feed aka rss aka xml aka 'what ever lah' bisa lebih mudah diterima dimasyarakat. pasalnya feed burner bisa mempolish feed kita menjadi lebih visitor friendly, atau bisa mengirim feed kita melalui emai, dsb

7. Fullfeed, plug ini sebenarnya berfungsi, memperbaiki kekurangan dari mesin standart bawaan pabrikan wordpress. Yang mana jika kita memilih option full feed, maka feed kita tetap aja akan terpotong setelah kode "", nah fullfeed lah solusinya agar feed kita tidak terpotong. Seperti yang kita ketahui bersama, Pengunjung lebih senang berlaganan pada full feed dibanding yang partial. Jadi bisa ningkatkan jumlah rss subscriber blog kita.

Nah itu tadi 7 plugin wajib bagi para blogger yang memilih wordpress sebagai mesin blognya. Mudah-mudahan berguna.

Artikel Menarik Lainnya



4 comments:

Anonymous said...

wuah...infonya oke juga neh..mau coba dulu ahh...thx

hanum said...

numpang share ya, Mas buat newbie. Makasih ^_^

photography technique said...

ada tambahan nih, exec php, wp-secure, dan wp super cache untuk meningkatkan performa blog anda

journey 213 said...

oke juga trims

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved