Thursday, January 17, 2008

Ternyata metode promosi dengan menggunakan "shout box" cukup berhasil, Kemarin baru saya coba menggunakan fasilits shout box yang sering terpasang di blog-blog dan hasilnya cukup mengembirakan.

Begini kemaren itu sebenarnya iseng aja, kebetulan pergi ke beberapa blog kemudian, kemudian entah kenapa pandangan saya sering tertuju ke shout box. Tidak lama setelah itu muncul ide untuk mencoba promosi dengan menggunakan shout box. Dan sayapun mencobanya. Kebetulan situs yang saya ingin promosikan masih tergolong baru. Jadi saya bisa dengan mudah membandingkan ada tidaknya peningkatan jumlah visitor dengan menggunakan metode ini, tentunya dengan batuan "google analytic" untuk melihat pengunjung datangnya dari mana. Hasil yang saya dapatkan cukup lumayan yakni sekitar "70-an" unique visitor dalam satu hari. kecil emang, tapi lumayan karena situs yang saya promosikan juga tergolong baru.

Cara nya mudah, berikut saya akan menunjukan bagaimana saya melakukannya :

1. Ada baiknya kita mencari blog-blog yang sesuai dengan tema situs yang kita akan promosikian. Hal ini bertujuan agar kita bisa memperoleh "targeted visitor". Caranya mudah yakni gunakan google.com. Misalnya kita akan memprosikan situs tentang handphone maka kita dapat memerintahkan google untuk cari blog-bloh dengan tema handphone. Begini perintahnya :

handphone site:blogspot.com (untuk mencari blog-blog yang bertema handphone yang ada di blogspot.com)

handphone site:wordpress.com (nah, kalo yang ini, untuk mencari blog-blog yang bertema handphone yang ada di wordpress.com)

"handphone" merupakan keywordnya, silahkan kembangkan sendiri keywordnya.misalnya "nokia handphone", "sms grtais", dll.

2. setelah google menampilkan hasil pencarian, maka silahkan telusuri 1 demi satu blog yang ada shoutboxnya. Untungnya kebanyakan penyedia shoutbox, tidak mewajibkan registrasi terlebih dahulu untuk comment. Nah setelah menukan shoutboxnya, silahkan ketikan pesan singkat anda. berikut tips bagaimana untuk mengisi pesan shout box yang tepat :

a. isi field nama dengan keyword mu misal "HPgratis", "FreeSMS", "SMSlucu" jadi intinya gunakan nama/keyword yang attractive mungkin.

b. isi field email dengan "landing page" atau alamat halaman situs yang menjadi sasaran.

c. isi massage field dengan pesan yang tidak bersifat spam, seperti "hi. salam kenal, blognya keren. Mau SMS gratis? http://www.domainmu " dsbnya

3. Lakukan hal yang sama pada blog-blog selanjutnya. Semakin banyak semakin bagus. ck..ck..ck..

Sebenarnya ini termasuk metode spam, mungkin termasuk ke dalam tehnik topi hitam, tapi bisa juga tergolong topi putih, kerana dengan ini kita tidak medapatkan backlink, sebab link dari shout box ini tidak di crawl oleh SE. Jadi topi hitam atau topi putih. semua kembali keada anda melihatnya. tapi gimana kalo topi miring he...he...he...

Artikel Menarik Lainnya



3 comments:

Anonymous said...

Hhmmm, menurutku ini termasuk cara topi hitam / spam....
Btw, but it's a good experiment ;)

traveller said...

aku pernah lewat chating...
hm.. hari itu langsung dapat 25 unique visitor..
tapi takut juga sih sama google hehehe
gasswar

Anonymous said...

Shoutbiox emank keren kok. Aku bs dpt banyak temen dr situ ^^
Cm emank shoutboxku jg suka jd ajang spamming. Ya ku remove sajah
Lagian suka keki jrg ad yg komen ke blogku krn shoutbox. Antara pingin ttp pasang dan nge remove

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved