Friday, July 25, 2008

Kali ini saya akan membahas mengenai batuk. Batuk, siapa didunia ini yang tidak pernah mengalaminya. Pasti semua pernah mengalaminya. Kenapa bisa kita batuk? Batuk sendiri merupakan refleks dasar, sebagai respond terhadap banda asing yang masuk pada saluran pernapasan. Sebenarnya selain batuk, bersin juga merupakan salah refleks untuk mengeluarkan benda asing.

Benda asing apa aja yang bisa menyebabkan batuk yang membandel atau batuk terus menerus? Pada umumnya benda asing yang paling sering menyebabkan batuk adalah lendir, yang ada pada tengorokan atau pun di brongkus, atau sampai ke paru-paru. Lendir ini biasanya muncul karena ada sesuatu yang mengiritasi saluran pernapasan dalam hal ini yang palng sering adalah bakteri dan virus.

Karena bakteri atau virus tersebut itu sehinga kita membutuhkan pennangan khusus. berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mungkin menyembuh batuk yang kamu alami:

1. Usahakan istirahat yang cukup, supaya kondisi tubuh kamu fit, dan tubuh kamu bisa lebih tahan terhadap bakteri dan virus.

2. Banyak minum air, pasalnya dengan banyak minum air bisa berfungsi sebagai pengencer lendir. Lendir yang encer akan lebih mudah di keluarkan dengan refleks batuk.

3. Perhatikan lendir yang keluar, bila berwarna putih berarti ada kemunkinan infeksi virus, kalo warna kekuningan, kecoklatan, kehijauan biasanya ada infeksi bakteri, tapi kalo warna kemerahan ada kemungkinan perdarahan saluran pernafasan dan membutuhkan penanganan dokter.

4. Konsumsi Vitamin C untuk menintkatkan daya tahan tubuh, dan hindari kontak dengan penderita batuk lainnya.

5. Jika demam pertanda infeksi, bisa mengkomsumsi penurun panas dan mungkin antibiotik. Tentunya penggunan obat penurun panas, obat batuk dan obat antibiotik harus dilakukan dengan baik dan benar.

6: Jika batuk berlanjut segera hubungi dokter. (kok, kedengaranya kayak iklan di TV. he.....he....he....)

Mudah-mudahan bermanfaat. Sekarang kalo kamu batuk, udah tahukan apa yang terjadi, kenapa bisa terjadi, dan cara ngatasinya

Artikel Menarik Lainnya



0 comments:

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved