Saturday, October 20, 2007

Karena adanya kisruh (maaf kayaknya terlalu di besar2kan, hi...hi...hi...) dalam mencairkan cek, gara-gara para teman-teman adsense yang dulunya menyelengarakan jasa pencairan cek, tutup akibat dari menderita kerugian yang lumayan gede. Jadi saya mau nulis tetang pencairan cek adsense melalui bank. Yang kesannya susah-susah gampang. Ada yang sulit sekali sampe ngak bisa sama sekali di cairkan, dan ada juga yang mudah banget. Langsung aja, saya nulis per bank.

1. Bank Citibank, disinilah tempat seharunya cek adsense tersebut dicairkan. La wong yang keluarin ceknya citibank. Ngak perlu punya rekening, cukup, stor biaya administrasi sekitar Rp. 100.000,-. Nanti kalo ceknya sudah cair, langsung dihubungi untuk ngambil duit. Tapi ada beberapa kendala yakni:
- tidak semua cabang citibank, bisa melakukan pencairan cek.
- Kayaknya jika jumlah cek adsense kurang dari $200an bakalan ditolak
- Cabang citibank tidak berada di seluruh indonesia, cuma jakarta, surabaya, bali, ... untuk jelasnya silahkan kunjungi websitenya.

2. Bank Niaga, mungkin bank yang paling disarankan untuk nyairin cek adsense, seperti biasa saratnya harus punya tabungain minimal 6 bulan. ada potongan feenya juga. Cek cair kurang lebih 2 mingguan. Nama pemilik tabungan harus sama dengan yang di cek. ngak boleh diwakili.

3. Bank Panin, kurang lebih syaratnya sama dengan bank Niaga. Punya tabungan minimal 6 bulan. Dulu saya sendiri pernah cairin di bank ini. cuma dipotong biaya inkaso sekitar Rp. 20.000,'. Tapi terakhir saya coba cairin, katanya ada potongan tambahan sekitar $20.

4. Bank Mandiri, saya belum pernah nyarin di bank Mandiri, tapi dulu pernah saya tanyakan, katanya dipotong sekitar Rp. 300.000,-.Dan katanya ngak bisa jaminan uangnya akan keterima (loh, maksudnya apa ini?? katanya ceknya dikirim lagi dan agak sulit di track). Trus seperti biasa harus punya rekening minimal 6 bulan.

5. Bank BCA, Saya sempat tanyakan pada bank BCA bagian Valas. syaratnya seperti biasa, punya rekening tapi, ini yang paling berat harus buka rekening giro dulu (syarat giro : umur min 21tahun, dan punya NPWP, buseeet... apa kata dunia?? ck...ck...ck...)

6. Bank lainnya yang katanya juga bisa yakni Bank BNI, bank BRI, Bank ekonomi. Dengan syarat yang kurang lebih sama, dengan potongan biaya yang bervariasi di setiap bank.

Beberapa tips untuk cairin cek adsense atau cek dari luar lainya. Kalo mau cairin langsung aja kebagian valuta asing, atau bagian mata uang asing. Karena cuma bagian itu yang biasanya tahu.

Mudah-mudahan pembayaran adsense melalui Western Union bisa cepat terlaksana. Soalnya negara tetangga kita (malaysia, philipines), udah pada bisa pake jalur Western Union. Jangan lupa suggest / mohon ke Google adsense team, agar Western Union bisa untuk publisher indonesia juga. Klik disini untuk petunjuk cara men-suggest WU buat Indonesia.

Oya bagi teman-teman yang punya tambahan syarat, atau koreksi ketentuan. Saya tunggu commentnya. Thanks n Gud luck.

Artikel Menarik Lainnya



11 comments:

Anonymous said...

Numpang nanya, kalo mencairkan lewat western union, kira-kira berapa biayanya yach? Oh iya, memangnya US$100 tidak bisa dicairkan di Citibank?

Smile Community said...

Menurut, yang saya baca dari beberapa forum, sama sekali tidak ada potongan alias 100% free, cuma datang aja ke kantor WU kemudian tujukan identitas yang resmis untuk validasi, kemudian uangnya di berikan

Anonymous said...

Thanks infonya Mas....

Cek pertama saya dah nyampe tapi blm sampe 200$...padahal awalnya mikir mo cairin pake citibank...

Anonymous said...

Saya sih berpengalaman nyairin cek di Bank Panin (lokasi saya di Sumatera Utara). Biaya yang saya bayar yaitu $10 biaya inkaso + $20 (reduction fee yg katanya merupakan biaya bank koresponden gitu). Saya belom perna nyoba di bank laen sih...

indobloger said...

Dari yg sy baca di situsnya Bank Niaga, biayanya $10 + koresponden antar bank $15 = $25
CMIIW

Anonymous said...

mo tanya apakah western union dah bisa masuk indonesia sekarang. Ato masih belum di approve ma google?
thanks

Smile Community said...

Kalo soal WU / western union, sampai saat ini masih belum. Tapi dengar-dengar WU untuk publisher indo masih dalam tahap uji coba atau beta testing. Ada beberapa publisher indo diberikan penawaran untuk menggunakan WU. Jadi mudah-mudahan Awal tahun depan WU sudah bisa digunakan untuk publisher indo.

Anonymous said...

Pengalaman nyairin cek GA $100 :
- Coba di BNI karena buka account di situ, langsung disuruh ke Citibank, gara2 ada tulisan Payable in Citibank.
- Datang ke Citibank, ditolak secara halus, karena biaya korespondensi (masa satu bank pake korespondensi)yg besarnya bisa nyampe $250(wong cuma 100 duitnya).
- Ke Mandiri lewat inkaso, yg katanya dipotong $10. Tapi kalau rejected, harus bayar $45 (gak nerima duit harus bayar segitu, ampun dech).
- Datang lagi ke BNI beda cabang, katanya biayanya bisa mencapai $75 (wadauuu). Terus dia bilang, minta aja ke si pengirim supaya duitnya ditransfer langsung ke rekening pribadi (kayaknya si CS gak kenal ama mbah Google dech).
- AMpe sekarang belum dicairin ;)
- Lokasi : Bandung

thx

Anonymous said...

Wadduh, padahal niatnya bulan depan mau request $190 saya hasil 6 bulan ng-adsense, Tapi banyak yang bilank kalau cairin dolar segitu banyak bank yang tolak... trus di tempat saya gak ada citibank lagi..
Kayaknya centeng "hold" lagi deh nunggu beberapa taon (kalau gak di baned la..) sampe itungan "K" .. :(

Anonymous said...

aku baru aja dapat cek dari adsense..cuma $100, tp kayaklnya sulit buta cairin....gimana nich??

Smile Community said...

@ekosulistio, kalo memang susah nyairinnya, mending kamu email balik aja adsense team, untul membatalkan cekmu. ntar pasti diakumulasikan

nah kalo udah banyak, silahkan deh kamu minta cek yang baru

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved