Monday, June 30, 2008

Mungkin banyak dari kita yang sering terkena dengan yang namanya panas dalam. Saya rasa mungkin hampir seluruh orang pernah hidup dimuka bumi ini pernah merasakan yang namanya panas dalam. (he... he... he...). Saya sendiri bingun untuk istilah kedokteran dari panas dalam. Panas dalam sendiri adalah kumpulan dari beberapa gejala.

Ada beberapa gejala yang biasa kita alami, kemudian kita menvonis diri kita terkena panas dalam. Gejala seperti badan terasa deman / febris (suhu badan yang sedikit meningkat), munculnya sariawan, bibir pecah, tengorokan terasa nyeri, mungkin juga bau mulut yang kurang enak. Sebenarnya panas dalam ini timbul karena daya tahan tubuh. Yang mencoba untuk mempertahankan integritas tubuh dari serangan bakteri, virus, alergen, dsb dengan cara menaikan suhu tubuh. Suhu tubuh yang naik, nantinya bisa mengakibatkan tubuh kita lebih mudah untuk mengalami dehidrasi atau tuhuh kekurangan cairan. Yang nantinya bisa menimbulkan pelbagai gejala seperti diatas.

Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk mengatasi panas dalam :

1. Usahakan banyak menkomsumsi air, karena pada tubuh yang panas, tubuh akan lebih mudah kehilangan cairan.

2. Komsumsi jelly atau agar juga bagus untuk mengatasi panas dalam, karena kandungan air dan seratnya yang cukup banyak.Sagat bagus bagi tubuh.

3. Komsumsi vitamin C secukupnya, minimal 50mg/hari. Vitamin C memiliki efek anti oksidan dapat bagus untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Siapkan paracetamol, jika suhu badan terus meningkat, perlu dipertimbankan penggunaan antibiotik jika memang ada kecurigaan infeksi.

5. Istirahat yang cukup, jangan sampai tubuh terlalu capek, sebab jika tubuh capek maka, tubuh lebih rentang akan infeksi

6. Jika masih berlanjut silahkan konsultasi kedokter. Ada kemungkinan panas yang kamu alami, karena penyakit lain yang membutuhkan penanganan khusus.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini, jika serangan panas dalam menghampiri, kamu udah tahu gimana mengatasinya. Nah, masih takut dengan panas dalam?.

Artikel Menarik Lainnya



1 comments:

Anonymous said...

nice article
thx

copyright 2007, dr801.blogspot.com. All right reserved